Minggu, 01 Desember 2013

Profesor ngajar SD??

SEMARANG, suaramerdeka.com - Suasana di SD PL Tarcisius Jalan Muktiharjo Dalam No 4 terlihat tidak seperti biasanya. Sebuah sekolah pinggiran yang berada di kawasan Kelurahan Muktiharjo Kidul mendapat kunjungan Prof Rasdi Ekosiswoyo dari Unnes yang juga mantan Rektor Unnes yang dahulu zamannya IKIP Semarang, Selasa (26/11).
Kunjungan Prof Rasdi Ekosiswoyo dalam rangka kegiatan 'Professor Go to School' yang digagas Unnes bekerjasama dengan Disdik Jateng. Para siswa kelas satu yang kebetulan mendapat pelajaran terlihat tidak biasa mendapat pengarahan dari sang profesor.
Mereka hanya lebih konsentrasi mendengar daripada bertanya karena mereka baru pertama kali mengenal sosok Prof Rasdi dan untuk pertama kalinya mengajar di kelasnya.
Pria yang juga anggota Dewan Pendidikan Kota Semarang tersebut, terlihat mengajar pelajaran ke siswa dengan cara aktif.
"Saya sebenarnya ingin menerapkan metode kurikulum 2013 agar siswa bisa aktif. Sekarang ini sudah tidak zamannya cara belajar guru aktif (CBGA) dan mungkin lebih tepat menggunakan cara belajar siswa aktif (CBSA)," kata Rasdi kepada suaramerdeka.com, Selasa (26/11).
Pada kesempatan tersebut para siswa mendapat pelajaran menulis dan Prof Rasdi yang melakukan koreksi. Kurikulum sebelumnya, katanya, umumnya guru yang lebih aktif daripada siswanya.
"Kalau mengajar para guru sebaiknya menerapkan agar siswa yang aktif. Inilah yang harus dilakukan para guru kedepannya," ungkapnya.
Kepala Sekolah SD PL Tarcisius, FX Suparman mengatakan, pendekatan cara Prof Rasdi mengajar memang bica dicontoh. Karena cara mengajarnya dengan cara mendekati dan mengoreksi pekerjaan siswa dan bila salah langsung diberitahu.
"Siswa kemudian bisa mengetahui kesalahannya dan meminta arahan. Cara menarik siswa agar berbicara memang tepat," jelasnya.
Dani, salah satu siswa mengaku bisa paham dengan Prof Rasdi yang mengajar lewat pendekatan langsung.
"Ya tadi mudeng karena Pak Profesor juga memberitahu saya kesalahan waktu menulis," ucapnya.
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/11/26/181076/Profesor-Unnes-Mengajar-Siswa-SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar